Melakukan Input Data Pelanggan Baru


Proses input data pelanggan baru pada Perumda Air Minum Tirta Amertha Jati Kabupaten Jembrana, secara umum dilaksanakan oleh sub bagian hubungan langganan berdasarkan kuitansi. Pendaftaran calon pelanggan baru hanya dapat dilakukan secara langsung, yaitu dengan mendatangi kasir Perumda pada unit terdekat, dengan menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau NPWP dan alamat pemasangan sambungan rumah baru atau SR baru.

Berdasarkan KTP/NPWP tersebut kasir Perumda akan mengisi kuitansi yang didalamnya berisi nama lengkap calon pelanggan sesuai dengan KTP/NPWP, NIK, nomor registrasi, alamat tempat yang akan dipasang Sambungan Rumah (SR) baru, kode area, golongan, diameter pipa jaringan dan total pembayaran.

Pendaftaran Pelanggan Baru

Setelah kuitansi diisi dan dicetak, kasir pada tiap unit akan menyerahkan kuitansi tersebut pada kantor induk yang berlokasi di Jalan Udayana No. 29X, Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Bukti SR baru tersebut akan diterima oleh sub bagian hubungan langganan untuk untuk diinput sebagai pelanggan baru, lalu akan dilanjutkan oleh sub bagian keuangan untuk mencatat biaya dan pajak pada SR baru tersebut. 


Input SR Baru pada Aplikasi


Pada proses ini petugas sub bagian keuangan pertama-tama akan menginput kembali data pelanggan pada aplikasi beserta jumlah pembayarannya, seperti pada gambar diatas. 



Penulis diberikan kepercayaan untuk mengerjakan proses input data pelanggan ini oleh petugas di sub bagian keuangan. Aktivitas input data pelanggan ini selalu ada hampir setiap harinya.

Penulisan SR Baru pada Buku Rekap

  

Walaupun data pelanggan Sambungan Rumah (SR) baru telah dilakukan pada aplikasi, petugas biasanya akan tetap menuliskannya kembali pada buku yaitu buku rekap SR baru.














Postingan populer dari blog ini

Magang IDUKA Universitas Pendidikan Ganesha Bersama Perumda Tirta Amertha Jati Kabupaten Jembrana

Jumat Sehat Bersama Staf PERUMDA Air Minum Tirta Amertha Jati Kabupaten Jembrana